HICCUPS ALIAS CEGUKAN

HICCUPS alias CEGUKAN pada bayi adalah hal yang sering di alami oleh bayi, dimana hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu di antaranya :
1. Pengencangan diafragma (otot di dasar paru-paru yang digunakan untuk bernafas) secara mendadak dan tak terduga, sehingga menyebabkan udara tiba-tiba tertarik masuk lewat mulut, sehingga menimbulkan suara ceguk-ceguk.
2. Cegukan seringkali bermula ketika seseorang (bayi) melakukan dua hal sekaligus, misalnya tertawa selagi makan atau minum.
3. Stres, terkadang itu tanda klau bayi sedang stres, coba ingat-ingat apa yg sebelumnya dialami si kecil.
4. Bahkan cegukan yg sesekali saja bisa disebabkan oleh sesuatu yang lain, seperti serangga yg masuk kesaluran telinga dan menyentuh gendang telinga.

Cegukan ini biasanya dialami bayi yang minum susu dari botol karena ada udara yang ikut terhisap bayi. Sedangkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, biasanya jarang sekali terjadi cegukan. Karena seharusnya tidak ada udara yang masuk ke dalam lambung.

Cegukan pada bayi biasanya hanya sebentar saja (beberapa menit) dan hilang dengan sendirinya serta tidak berbahaya. Meski hal biasa, tapi bila terjadi terus menerus tentu membuat orang tua menjadi khawatir, Apalagi bagi orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak. Mereka paling khawatir jika bayinya yang masih berumur 0-3 bulan cegukan, Padahal, cegukan pada bayi terutama setelah minum ASI atau susu botol sebenarnya hal yg biasa dan dialami hampir semua bayi.

Apabila bayi Anda yang dapat ASI eksklusif dan mengalami cegukan, mungkin karena cara menyusui yang kurang benar. Misalnya, pada waktu menyusui, puting kurang masuk ke mulut bayi atau posisi bayi tidak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi. Serta perut bayi tidak berhadapan dengan perut ibu sehingga ada udara yang masuk terisap.

Tips-Tips Untuk Mengatasi Saat Bayi Cegukan :
1. Beri minum ASI atau air hangat pada bayi
2. Menepuk punggung bayi dengan cara sandarkan bayi tegak di bahu dan tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika Anda ingin menyendawakannya, sebagian bayi lebih cenderung menelan banyak udara ketika mereka menyusu ASI atau minum susu formula.
Terlalu banyak menelan udara ini akan meregangkan lambung, yang dapat memicu cegukan. Beberapa tepukan lembut bisa mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan.
3. Cek dot minum bayi, apabila bayi di berikan susu formula. Bayi dapat menelan terlalu banyak udara dan cegukan jika lubang dotnya tidak tepat besarnya. Pijat bagian belakang langit-langit mulut dengan kapas yang dibasahi air. Gerakkan kapas itu ke depan dan belakang selama 1 menit atau lebih.
4. Periksa atau konsultasi dengan dokter anak apabila cegukan masih terus berlanjut. Karena pada umumnya cegukan akan berhenti dalam 5-10 menit.

One thought on “HICCUPS ALIAS CEGUKAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s