BUNUH DIRI…..

BUNUH DIRI

Sebelum ngomongi bunuh diri ijinkan saya ngucap Astagfirullah hal adhzim…ihhh jd ngeri ya.
Sebenernya bunuh diri itu makanan apa sih?…sepertinya mengerikan tapi di akhir-akhir ini kog jadi semakin populer dan ngetrend.
Jadi pengen tau seluk beluknya bunuh diri dan fenomenanya neh..yuk maree kita sama-sama cari tau…^_^.
Hemm..”bunuh diri”..ini adalah tindakan untuk mengakhiri hidup baik di lakukan oleh diri sendiri maupun atas permintaan sendiri. Intinya sudah dalam batas mampu berpikir untuk bisa dan punya harapan terus menjalani hidup. Hal ini di sebabkan karena adanya keputus asaan dalam diri yang di karenakan adanya masalah-masalah hidup yang tidak mampu di atasinya.

Beberapa hal yang menjadi penyebab bunuh diri :
1. Konfilk dalam keluarga
2. Pisah dg orang yang di cintai
3. Malu
4. Ditolak dalam lingkungan sosial
5. Di Phk
6. Masalah ekonomi
7. Terlalu tenar dan populer
8. Mengidap penyakit kronis
9. gangguan jiwa
Dan masih banyak alasan lainnya yang menjadi penyebab orang bunuh. Sekarang ini bahkan masalah sepele saja bisa mendorong orang untuk melakukan bunuh diri…hashhh aya aya wae..

Sedang apabila di tinjau dair segi ilmu sosiologi, ada tiga hal yang mendorong sesorang tersebut melakukan bunuh diri, yaitu :
1. Egoistic suicide yaitu bunuh diri karena urusan pribadi
2. altruistic suicide yaitu bunuh diri untuk memperjuangkan orang lain
3. anomic suicide yaitu bunuh diri karena masyarakat dalam kondisi kebingungan

Eh ini ada penelitian yang di lakukan di Swedia, bahwa karakter bunuh diri ini sudah bisa di tentukan dari saat usia bayi loh…waaaaa kog bisa ya???
yuk maree kita ungkap kebenarannya :
Dari hasil penelitian Dr Danuta Wasserman itu diketahui bahwa berat badan bayi saat dilahirkan menjadi penentu resiko bunuh diri dikemudian hari. Bayi yang lahir dibawah rata-rata memiliki resiko dua kali lebih tinggi untuk melakukan bunuh diri dibandingkan dengan bayi yang lahir secara normal. Resiko itu akan semakin tinggi jika ibu yang melahirkan masih berusia remaja.
Riset dilakukan dengan mengikuti semua data dari bayi yang dilahirkan antara tahun 1973 dan 1980 dengan melihat kecendrungan tindakan bunuh diri yang terjadi pada usia 10 tahun hingga 26 tahun. Secara keseluruhan tingkat tindakan bunuh diri yang terjadi di Swedia pada tahun 1999 berkisar 20 orang untuk setiap 100.00 populasi. Menurut penelitian, bayi yang dilahirkan memiliki berat badan kurang 2 kg akan terkena resiko dua kali lebih tinggi mengalami bunuh diri dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan normal 3.25 kg – 3.75 kg.

Sementara anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang kurang dari usia 19 tahun juga akan mengalami resiko terkena ancaman bunuh diri bila dibandingkan dengan ibu yang berusia 20 hingga 29 tahun. Malah panjang bayi waktu dilahirkan juga turut diteliti oleh Dr Danuta Wasserman. Menurutnya, bayi yang dilahirkan kurang dari 47 cm akan memiliki kecendrungan melakukan bunuh diri bila dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan dengan panjang 50 atau 51 cm.

“Studi yang kami lakukan memang tidak memberikan jawaban yang definitif mengenai resiko terjadinya bunuh diri,” ungkapnya. “Namun setidaknya kami menemukan hubungan penting antara pra kelahiran sebagai faktor penentu. Saya fikir faktor genetika dan lingkungan menjadi faktor yang sangat penting.”

Dr Danuta Wasserman menyarankan agar sang ibu selama kehamilan menjaga nutrisi dengan baik termasuk tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan.
Nah lagi-lagi Ibu yang menentukan…maka dari itu Ibu tolonglah generasimu…

Ngeri buanget nya..???
Lalu bijimenong cara untuk mengatasi bunuh diri ini :
Hemm sebetulnya kalau kita perhatikan betul, bisa kog di deteksi dan di perkirakan apakah seseorang itu akan melakukan bunuh diri, misalnya :
1. Perhatikan kegiatan sehari-harinya, dan responnya seperti apa seseorang itu mengenai masalah yang di hadapi
2. Seseorang tersebut pernah mengutarakan niatnya untuk bunuh diri
3. Seseorang yang pernah melakukan bunuh diri tapi tidak berhasil cenderung akan melakukan tindakan itu lagi.
Nah dari beberapa hal ini, kita tentunya bisa untuk mengambil sikap apabila di sekitar kita apalagi orang-orang terdekat kita ada didapati mengarah ke hal-hal tersebut.

One thought on “BUNUH DIRI…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s